Home » , » Masih Ada Jasad Yang Terkubur Di Dalam Kapal Titanic

Masih Ada Jasad Yang Terkubur Di Dalam Kapal Titanic




LOS ANGELES, -- Jasad-jasad manusia diperkirakan masih ada yang terkubur di dalam lumpur di bangkai kapal MS Titanic yang tenggelam seabad silam di Samudra Atlantik utara. Hal itu segera membangkitkan lagi kesan tentang tragisnya musibah kapal pesiar Inggris, yang berlayar menuju New York pada 15 April 1912, itu seperti diungkap seorang pejabat federal AS pada hari Sabtu (14/4).



Hal itu setidaknya terlihat dalam sebuah foto yang diambil pada tahun 2004. Foto itu dirilis untuk pertama kali kepada masyarakat umum pekan ini untuk mengenang 100 tahun tenggelamnya Titanic yang menewaskan lebih dari 1.500 penumpang dan awaknya. Foto itu memperlihatkan sebuah jaket dan sepatu bot di dalam lumpur di lokasi tenggelamnya kapal legendaris itu.
”Ini bukan sepatu dari kantong seseorang yang jatuh tepat di sana,” kata James Delgado, Direktur Warisan Maritim pada Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, dalam wawancara per telepon.
Dilihat dari posisi benda-bendar itu ”diletakkan” telah membuat sebuah kasus menjadi menarik. ”Ini mengisyaratkan bahwa di situ ada seseorang yang telah meninggal,” katanya.
Gambar itu, sepatu dan dua pasang sepatu yang terletak berdampingan, dipotret pada tahun 2004 oleh tim ekspedisi yang dipimpin Badan Kelautan AS dan Robert Ballard, penemu ternama bangkai Titanic. Foto itu dipublikasikan di buku Ballard tentang ekspedisi itu.
Perbedaan semantik
Delgado mengatakan, salah satu foto memperlihatkan sebuah jaket dan sepasang sepatu bot, tetapi telah diedit dan hanya menampilkan satu sepatu bot saja. Harian New York Times (NYT) pertama kali melaporkan tentang foto-foto hasil ekspedisi itu pada edisi hari Sabtu (14/4) pekan lalu.
Pembuat film James Cameron, yang telah 33 kali mengunjungi bangkai Titanic, kepada NYT mengatakan, dia tidak pernah melihat jenazah selama penelitian intensif tentang musibah itu. ”Kami pernah melihat sepatu-sepatu, melihat banyak pasang sepatu, yang secara kuat mengisyaratkan di sana mungkin ada jasad manusia pada titik tertentu. Namun, kami tidak pernah melihat jasad manusia di sana.”
Bagi Delgado, yang memimpin para ilmuwan dalam ekspedisi pada tahun 2010 untuk memetakan seluruh lokasi bangkai kapal itu, ”Perbedaan pendapat terjadi terkait semantik.”
Dia mengatakan, ”Saya sebagai seorang arkeolog hanya ingin mengatakan itu semua (sepatu) adalah bagian dari manusia.” Merujuk foto tadi, dalam sebuah e-mail dia menegaskan, gambar itu ”berbicara tentang kekuatan adegan tragis dan 2,5 mil di bawah laut” dan ”dapat dipertahankan sebagai sebuah museum bawah laut”.
Kami pernah melihat banyak sepatu, yang secara kuat mengisyaratkan bahwa di sana ada jasad manusia pada titik tertentu. (AP/CAL)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ψ Aat M Syihab™ Ψ - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger